Membuat Efek Fotografi Dengan Plastik Bening

Fotografi adalah hobi mahal kata orang, dan saya hanya mengangguk mengiyakan. Bagaimana tidak, semua hal yang berkaitan dengan fotografi bisa menguras tabungan, sawah, kendaraan sampai rumah kalau memang mau dimiliki semua. Mulai dari kamera yang harganya sama dengan satu rumah menengah, lensa yang harganya sama dengan satu motor bebek sampai yang kecil seperti filter yang sama dengan ongkos makan seminggu. Pokoknya semua mahal!

Tapi ternyata kalau mau kreatif sedikit fotografi bisa murah juga koq.

Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu seorang teman membagikan sebuah tautan di Facebook. Tautannya berisi sebuah ide sederhana menggunakan plastik bening yang ditaruh di lensa kamera untuk menghasilkan sebuah foto yang unik.

Caranya sangat sederhana, hanya selembar plastik bening seperti yang biasa dipakai membungkus es atau membungkus gorengan. Sobek satu bagian plastik itu, ingat! Harus disobek dan jangan digunting. Ini karena kita mau mendapatkan efek yang random atau acak, kalau ujungnya digunting maka efeknya mungkin akan terlihat terlalu rapi.

Kamera dengan lensa yang ditutupi plastik

Kamera dengan lensa yang ditutupi plastik

Kalau sudah disobek, plastik langsung dipasang begitu saja di ujung kamera. Tadi pagi saya mencobanya, memotret objek dengan latar yang backlight. Hasilnya? Buat saya lumayan wow, saya bisa mendapatkan hasil foto yang artistik dan lembut karena bantuan plastik di ujung lensa itu. Untuk mendapatkan warna yang berbeda ujung plastik bisa diwarnai dengan spidol sesuai warna yang diinginkan, atau bisa juga mencoba dengan menggunakan plastik yang berwarna.

Hasil percobaan pertama

Hasil percobaan pertama

Percobaan ini baru percobaan pertama, berikutnya saya mungkin akan mencoba menggunakan plastik dengan warna yang berbeda atau dengan ketebalan dan ukuran yang berbeda. Percobaan lainnya mungkin dengan memotret objek dengan arah cahaya yang berbeda. Kita lihat nanti hasilnya.

Well, ternyata hobi fotografi tidak selamanya mahal ya? Kalau kreatif kita bisa menggunakan media di sekitar kita untuk mendapatkan hasil yang tidak biasa. Selamat mencoba!

 

Sumber:?http://welldonestuff.com/cool-photography-effect-using-sandwich-bags/

Silakan Kakak, Dibaca Juga Kakak...

About The Author

Add Comment