Pompa Air Ngadat? Mungkin Ini Masalahnya

Pompa Air

Pompa Air Yang Bermasalah

Tidak semua kerusakan mesin harus dibawa ke tukang reparasi, kadang kita bisa memperbaikinya sendiri.

Buat sebagian rumah tangga, pompa air itu pendukung utama kehidupan sehari-hari. Bayangkan bagaimana susahnya hidup kalau air tidak mengalir. Mandi jelas susah, belum lagi urusan lain seperti mencuci atau yang paling mempengaruhi hajat hidup seperti buang air. Makanya, ketika pompa air rusak maka itu artinya bencana di depan mata.

Sabtu malam kemarin saya mengalami hal yang sama. Pompa air yang biasanya rajin mengantarkan air dari sumur ke tandon tiba-tiba ngadat. Saklar menyala tapi tidak ada reaksi sama sekali dari pompa air. Si pompa tetap bergeming dan tidak mengeluarkan suara. Karena malam sudah larut dan bagian belakang rumah gelap, saya biarkan saja. Beruntung karena masih ada stok air di tandon.

Besoknya mulailah saya mencoba mencari tahu masalah apa yang membuat pompa air ngambek dan menolak berfungsi seperti biasa. Hal pertama yang dicek adalah pada saklar, jangan sampai ada kabel yang tidak terpasang sebagaimana mestinya. Setelah dicek ternyata saklar aman. Pindah ke bagian kedua, bagian sambungan kabel antara pompa air dan kabel listrik ke saklar. Aman juga, berarti masalahnya ada di pompa air.

Dengan penuh rasa ingin tahu disertai rasa sok tahu akhirnya saya membongkar bagian depan pompa air. Di bagian itu ada beberapa kabel dan sebuah benda bulat panjang berwarna hitam. Di benda itu tertulis “kapasitor”, bagian luarnya sudah retak dan dengan menilik fakta itu saya mengambil kesimpulan kalau masalahnya datang dari benda tersebut.

Kapasitor Yang Bermasalah

Kapasitor Yang Bermasalah

Saya coba untuk mencari second opinion menggunakan Google dan benar saja, saya mendapatkan artikel kalau masalah pompa air yang paling sering terjadi adalah pada kapasitor. Setelah yakin, kapasitor saya lepas dari sambungannya dan segera meluncur ke toko bangunan terdekat. Contoh kapasitor saya bawa agar bisa dicocokkan dengan kapasitor yang baru. Saya berasumsi ada banyak macam kapasitor yang tersedia menurut besaran pompa air dengan ampere yang berbeda-beda. Jadi biar tidak salah beli, contoh kapasitor juga saya bawa.

Harga kapasitor ternyata tidak terlalu mahal, hanya Rp. 12.000,- saja. Kembali ke rumah dengan berdebar saya coba menyambung kapasitor yang baru dan?voila! Alhamdulillah, pompa air kembali meraung seperti biasa disertai suara air yang mengalir ke tandon.

Jadi, buat Anda yang mungkin nanti akan mengalami masalah pada pompa air tidak perlu buru-buru mencari tukang servis. Silakan dicoba sendiri dulu. Kerusakan pada kapasitor biasanya dimulai dengan tanda-tanda dengungan pompa yang tidak disertai dengan isapan air dari sumur. Pompa hanya berdengung dengan suara yang berbeda dari suara normal tanpa ada aliran air dari sumur. Tanda-tanda ini akan berlangsung beberapa kali dan diakhiri dengan pompa yang sama sekali tidak bersuara atau diam dan tak bergerak. Kalau itu terjadi maka beranikanlah diri Anda untuk ?mengecek kapasitor pompa air sambil tidak lupa disertai pengecekan awal pada kabel yang menghubungkan pompa ke listrik di rumah Anda.

Mudah-mudahan postingan saya kali ini bisa berguna, setidaknya bagi Anda yang mungkin punya masalah dengan pompa air. ?[dG]

About The Author

Leave a Reply

41 Comments on "Pompa Air Ngadat? Mungkin Ini Masalahnya"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
slamsr
Guest

2 pompa airku nganggur di gudang daeng, sekarang pakai air artetis…
2 pompanya mati gara gara kerendam 1 minggu gak ketauan,

angki
Guest

Slams : air artetis itu air yang ikutan fitnes? jadi bentuknya artetis?

mumox
Guest

info yang bermanfaat daeng. . .tapi soal listrik sy biasanya minta ampun sebelum berusaha. . .takut tersengat, mungkin ini yg namanya voltphobia? apalagi pernah dengar cerita seorang ibu menghancurkan mesin pompa airnya gara2 suaminya tewas tersengat listrik saat memperbaiki pompa air. .

firman
Guest

Tabe daeng, pompa di rumah 1 minggu ini gadat macet, mesin menyala tapi suaranya tidak seperti waktu lancar, kalau dikasih jalan mesin panas sekali dan beberapa menit mesin mati kadang juga kalau di kasih jalan kilometer lampu jatuh

Ahmad Syawal Kurniawan
Guest
Ahmad Syawal Kurniawan

artikel yg sangat membantu bang…
sy juga pagi ini lagi mengalami hal yg serupa..
saklar baik2 aja…
jadi sebentar saya akan coba liat kapasitornya..

Suriansyah
Guest

Trims Daeng, satu solusi terpecahkan, cm masalah nya mesin gak sanggup mendorong kyanya,

Ria
Guest

saya mengalami hal yang sama hari ini bg,,, pompa air di rumah lagi ngambek,,, pompanya nyala tapi airnya g ngalir… kira-kira apa ya masalahnya???

solleh_mch
Guest

t4 saya air tidak mau keluar. pertama kali keluar tapi kecil sekali. trus skr tdk keluar sama sekali.

SUNARDI
Guest

Pompa airku hari ini bermasalah berbunyi tetapi air tidak naik dan lama lama pompa panas dan deat. Telusur2 ternyata impeller tidak berputar sepertinya terjadi gesekan antara impeller dengan rumahnya. Penyelesaian ganjal sedikit impeller dan tutup kembali, akhirnya pompa befungsi lagi. Assyiiik.

adiek
Guest

Ass wr wb Daeng, pompa airku bisa dipakai ttp 2 menit kemudian mati dan panas, didiam sebentar, bisa digunakan lagi. Sdh sya ganti capasitornya msh ttetap saja, apakah solusinya. Terima kasih

berita terbaru
Guest

makasih banyak daeng tipsnya, ternyata masalahnya cukup simpel

Pompa Air
Guest

Thanks, artikelnya cukup menarik dan bagus sekali

giva
Guest

terimakasih daeng sudah share info

umar
Guest

sya hri ini mengalami hal yg sama mesin air bunyi tpi air tdk naik dari sumur kebak penampungan dan akhirnya sya banting mesin air nya

hendri
Guest

gan mau tanya. mesin pompa air saya kabel yang terhung ke motor/ dinamonya ada 3 kabel gan merah, abu-abu,dan hitam. tolong kasih tau gan kabel mana aja yang di hubungkan ke kapasitor. dan steker negatif dan positifnya gan. tolong ke email ya gan balasnya
terimakasih 😉

aziz
Guest

waah mantap nih tipsnya baut memperbaiki pompa air dirumah kalo lg ngadat

Wisnu
Guest

Kak mau tanya, pompa air saya yg tipe otomatis. Permasalahan yg terjadi pompa air menyala terus-terusan tapi waktu sy cek ternyata air tidak mengisi tandon. Saya coba ganti kapasitor juga tetep ga ngangkat kak. Kira-kira apa ya kak yg bisa saya lakuin tanpa harus pake jasa servis?

riez
Guest

terima kasih atas artikelnya gan, bermanfaat banget ini 🙂

Mangcara
Guest

Punya saya juga ngedadak ga mau idup ni, kayanya penyakitnya sama kaya diatas soalnya tadinya lancar2 aja tapi setelah tadi malem mati lampu, nyala mati lagi tau2 paginya ni pompa ga mau idup.

Nurdila
Guest

Tambah lagi pengalaman mengatasi masalah pompa air. Lama lama ga laku neh tukang servis pompa air kalau masyarakat pada senang baca di internet. Thankss to admin.

waheed
Guest

Mohon infox,,d mana jual spull pompa air d makassar??th’x

sisaku
Guest

gan, pompa air saya dirumah pertama gak bisa nyala. Pas saya idupin dengan melepas tutup bagian atas, bisa nyala (airnya nyemprot keatas tinggi banget) saya cabut. Trus nyalain lagi gak bisa nyala. Mesinnya panas banget. Kira-kira masalahnya apa ya, gan?
Terima kasih sebelumnya.

agen jamsi
Guest

setrum ada tapi tdak menyala pompanya

takcemas
Guest

kadang suka harus dipancing dulu pompa nya tapi tetep aja ngadat, sampe akhirnya ganti pompa baru pun usiannya ga lama sedih kalo diceritain mah huhuh :((
(kisah pompa aer ane dirumah)

Kirman
Guest

Saya pernah mengalaminya, Daeng. Saat itu panggil tukang pompa. Setelah dicek, kesimpulannya kapasitor mengalami kerusakan. Dan katanya, harga kapasitor itu Rp 150.000,-. Kena deh… hehehe

Fajrin
Guest

Disitulah kadang kita merasa sedih, banyak teknisi (sangat banyak) yang membohongi pelanggan. Seharusnya mereka tetap memberikan informasi mengenai harga sparepart yang benar dan soal harga yang mahal sebagai jasa karena ilmu yang mereka miliki. Disitulah pentingnya ilmu, tergantung dari kita apakah kita menghargai ilmu seseorang atau sebaliknya. Salam

Erliansyah Eko Nugroho
Guest
Erliansyah Eko Nugroho

kapasitor mulai lemah, ini permasalahan terakhir yg ane alami dengan pompa air di rumah.
sebelumnya tusen klep rembes, mesti bongkar keramik + angkat total pipanya untuk ganti si tusen klep. udah selesai, gantian impeller yg geser dan nyangkut di bodi pompa, habis diganti malah patah pula si impeller. ganti lagi yg baru.
terakhir masalahnya kapasitor mulai lemah, kabel dicolokkin cm terdengar suara berdengung. setelah konsultasi ke teman, kemungkinan kapasitornya bermasalah.. dan jreeeeeeengg setelah diganti alhamdulillah pompa gak ngadat2 lagi.. gak tenang rasanya kalo bermasalah sama alat yg satu ini.. hehehe

Dhanang Sukmana Adi
Guest

wah kreatif sekali mas bro ini, itu kalau manggil tukang pompa mungkin habisnya bisa 50-100K ini cuma 12 K saja.. 🙂

desi
Guest

oh gitu cara memperbaiki pompa yang rusak. tapi aku males kaslau ngebetulin sendiri,… hehe setidanya sekarang sudah tau alasannya ngadatnya tuh pompa air

Sutarno
Guest

Mas Ipul apakah sama dengan pompa celup jika mati juga capasitornya juga ya, ceritanya begini saya menguras air kolan ikan berjalan seperti biasanya tiba2 mati kemudian saya chek colokan kabel tidak bermasalah, mungtkin ada yang tau selain mas Ipul?

Sutarno
Guest

Mas Ipul apakah sama dengan pompa celup jika mati juga capasitornya juga ya, ceritanya begini saya menguras air kolan ikan berjalan seperti biasanya tiba2 mati kemudian saya chek colokan kabel tidak bermasalah, mungtkin ada yang tau selain mas Ipul?

Sorry ada koreksi email

Zamsjourney
Guest

wah ini mungkin yang dinamakan takdir.

Kemarin sore, pompa air di rumah mati tanpa suara sama sekali. Kabel sudah diperiksa semua masih tetap mati juga.
Ok nanti saya coba bongkar juga 😀 makasih daeng

boy
Guest

pompa saya muter nya pelan. Saya gnti capacitor, tapi tetap spt itu.

Fajrin
Guest

Kemungkinan besar kumpaarannya sudah mulai short, pelan tapi pasti akan mengeluarkan bau gosong.

Mirwan
Guest

Oooh… gitu ya? Pantesan…

wpDiscuz
%d bloggers like this: