[VIVA.co.id] Wajah Baru Yang Segar

Wajah Baru Viva News

Viva News mungkin termasuk yang paling bungsu dalam persaingan portal berita di Indonesia,

Internet sudah jadi bagian dari kehidupan masyarakat modern, tidak peduli di manapun berada. Selama masih ada jaringan, maka di sanalah internet menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keseharian. Manusia jaman sekarang terkoneksi dengan manusia lainnya dengan cepat, satu sentuhan di gadget dan sebuah berita telah menjadi santapan, entah penting atau tidak.

Penyebaran berita berevolusi dengan cepat. Bila dulu koran, radio atau televisi menjadi pilihan maka sekarang internet merangsek dengan cepat dan menjadi pilihan baru. Beragam portal berita online dengan cepat hadir dengan laman-laman yang semakin hari terus mengalami perbaikan. Salah satunya adalah Viva News.

Viva News mungkin termasuk yang paling bungsu dalam persaingan portal berita di Indonesia, tapi kehadirannya dengan cepat bisa merangkak ke jajaran teratas di antara portal berita lainnya. Baru-baru ini mereka memperbaiki tampilan lamannya dan mengundang pratisipasi para pengunjung untuk membuat review dari tampilan baru laman viva.co.id

Berikut ini adalah review dari saya tentang tampilan baru situs Viva News:

Tampilan Yang Sederhana Tapi Menyegarkan

Laman baru viva news ini memang relatif sederhana. Hadir dalam warna yang netral dengan dominasi warna putih di hampir semua bagian. Warna putih memang pilihan yang tepat, apalagi bagi sebuah portal berita yang tentu harus menempatkan banyak tampilan di halaman depan. Tampilan yang saya maksud adalah berita atau isi dari website selain tentu saja iklan yang adalah nafas utama sebuah media.

Bagi saya pribadi, pemilihan warna putih sebagai latar dan dominasi warna di portal berita adalah pilihan yang tepat. Mata tidak perlu terlalu sibuk untuk menyesuaikan dengan macam-macam warna latar ditambah lagi kehadiran beberapa logo dari sub domain Viva News yang berwarna-warni itu yang kemudian jadi aksen yang menawan. Begitu juga dengan deretan iklan di sebelah kanan yang tentu hadir dengan warnanya sendiri. Bayangkan kalau latarnya bukan putih, tentu potensial akan terjadi tabrakan warna dengan iklan yang terpasang.

Portal berita pasti harus menampilkan banyak berita, gambar atau bahkan video di halaman utamanya. Ini juga yang dianut oleh Viva News. Kabar gembiranya adalah karena tata letak berita dan elemen-elemen lain itu sangat enak dipandang. Mata tidak terasa capek ketika harus berpindah-pindah membaca judul berita. Warna yang sederhana disempurnakan dengan tata letak menjadikan pembaca tidak capek atau bosan.

Ketika satu berita kita pilih, maka otomatis kita akan masuk ke isi berita tersebut. Di sini saya menemukan kalau huruf dari laman berita di Viva News enak dipandang, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Ini tentu sebuah langkah yang tepat.

Bagian kosong di sebelah kanan bawah

Saya orang yang senang dengan teori keseimbangan dalam grafis. Ini juga yang membuat saya agak terganggu ketika melihat tampilan laman Viva News yang saya rasa agak timpang. Penyebabnya karena di bagian kanan bawah ada banyak space kosong yang dibiarkan begitu saja. Mungkin saja space itu disiapkan untuk iklan tapi mungkin akan lebih bagus sembari menunggu space itu terisi admin dari Viva News bisa mengisi dengan tampilan grafis yang enak dipandang biar kesan kosongnya tidak tertinggal.

Navigasi Laman

Ketika menjelajahi sebuah laman, kita tentu sangat bergantung pada navigasi. Ibaratnya masuk ke sebuah kota yang baru, kita butuh petunjuk jelas tempat-tempat yang menarik atau yang ingin kita datangi.

Di bagian atas laman Viva News sudah ada navigasi yang jelas yang diatur menurut kategori berita. Kotak pencarian juga tidak lupa ditaruh di sana. Ini tentu memudahkan orang untuk menjelajahi laman sesuai dengan kelompok berita yang diinginkan.

Ketika pertama membuka laman Viva News kita akan langsung disuguhkan slider yang memuat foto berita beserta judul berita. Ini sebuah navigasi awal yang menyenangkan. Kita juga bisa menggerakkan sendiri rangkaian foto dan berita itu tanpa harus menunggu, di bagian bawah ada tombol yang bisa ditekan untuk menggerakkan gambar dan berita.

Navigasi pada bagian atas

Headline news dengan bentuk slider

Kalau laman digulung ke bawah, di sebelah kanan juga ada navigasi yang memungkinkan kita menengok judul berita dari kategori yang lain. Semakin ke bawah akan ada pengelompokan berita seperti sport, entertainment dan sepakbola.

Ketika berada di sebuah berita yang kita pilihpun, navigasi itu tetap ada. Di bagian kanan atas berita ada pilihan berita terkait, sementara di bagian bawah berita kita akan menemukan pengelompokan berita-berita yang lain berdasarkan rubriknya. Ini memungkinkan pembaca berpindah dengan cepat ke tema lain atau berita lain tanpa harus kembali ke halaman awal.

Navigasi di bagian bawah laman

Kemudahan Bagi Pengguna

Tampilan sudah nyaman, navigasi sudah oke, sekarang bagaimana dengan kemudahan bagi pengguna? Tidak semua orang yang masuk ke portal berita tertarik dengan semua isi berita yang ada. Saya yang penggemar sepakbola biasanya agak malas kalau harus membaca berita politik atau ekonomi. Saya mau langsung masuk ke halaman berita tentang sepakbola tanpa harus berlama-lama ?di halaman utama dan menggulung ke bawah dulu.

Nah, Viva News memfasilitasi itu. Di halaman depan, tepatnya di bagian bawah di rubrik yang tersedia ada tombol set default. Ketika tombol itu ditekan, otomatis rubrik pilihan kita itu menjadi rubrik utama yang muncul di bagian atas lengkap dengan slider foto dan judul beritanya. Pilihan ini akan diingat terus di peramban yang sama, ketika berikutnya kita masuk ke laman viva.co.id maka otomatis rubrik pilihan kita akan tampil paling di atas. Bravo! Ini memangkas waktu pembaca untuk langsung ke bagian yang disukai tanpa harus melewati bagian berita lainnya.

 

Ada tombol set as defaultnya loh

Ta daa..Berita Sepakbola Jadi Berita Utama

Tidak perlu takut kehilangan berita di rubrik lain, karena berita tersebut tetap ada di bagian laman. Kalau memang berniat mengganti rubrik kesukaan, tombol set default tetap ada di sana.

Kecepatan Akses

Satu hal yang harus selalu diperhatikan dalam mengakses sebuah situs, utamanya situs portal berita adalah soal kecepatan load. Saya coba membandingkan 3 laman portal berita lokal dengan menggunakan laman pingdom tools.

Sayang sekali karena menurut laman ini, Viva News butuh waktu lama sebelum bisa loading secara sempurna. Perbedaannya cukup jauh, yang paling cepat adalah 4,6 detik sementara Viva News mencatat waktu 26.26 detik. Berbeda sangat jauh.

Hasil test di pingdom tools

Soal lama waktu loading ini sebenarnya bisa diterima mengingat banyaknya isi berita di halaman utama yang harus ditampilkan. Secara kasat mata, waktu load ini tidak terlalu terasa memberatkan. Saat ini semua peramban sudah dilengkapi dengan fasilitas cache, sehingga ketika membuka laman yang sama di kali kedua dan seterusnya waktu tersebut akan dipangkas sangat jauh.

Kesimpulan

Sebagai pengguna awam, keempat hal di ataslah yang menjadi titik utama penilaian saya. Saya tidak terlalu paham soal teknis, saya hanya peduli pada apa yang saya lihat dan rasakan. Total untuk penilaian tesebut saya beri point 4 bintang dari 5 bintang yang tersedia.

Beginilah penilaian saya

Harapan terakhir saya, semoga wajah baru Viva News yang menyegarkan ini dapat diimbangi dengan isi berita yang bukan hanya cepat tapi juga tepat dan mencerahkan. Kami butuh berita yang tepat, bukan sekadar cepat.

[dG]

===========

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge