Kenangan di 2011

2011-2012

Ini hari pertama di tahun 2012, kalender 2011 harus diganti . Selama tahun 2011, banyak kejadian yang bergulir. Sebagiannya adalah kenangan yang patut untuk dicatat.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun 2011 ini juga menyimpan banyak cerita dengan pusat edarnya adalah saya. Tahun ini luar biasa, ada beberapa kejadian yang mungkin akan mengubah jalan cerita hidup saya di 2012, meski tidak semua bisa saya tuliskan dan bagi. Ada tiga highlight dalam perjalanan 2011 saya, di dunia blog, kesan jalan-jalan dan pekerjaan.

Dunia Blogging

Tahun 2011 saya makin serius ngeblog. Total ada 184 jumlah postingan dengan bulan Februari sebagai rajanya. Di bulan kedua itu saya memang bertekad posting setiap hari dan berhasil !! Selanjutnya memang tidak seganas bulan Februari. Postingan saya mulai bolong-bolong, utamanya di akhir pekan. Tapi, bagaimanapun saya tetap serius membuat postingan. Rasanya tidak nyaman bila sudah 2-3 hari terlewati tanpa postingan. Kecuali bila memang waktu tidak memungkinkan.

Daenggassing.com di Google

Saya juga terus berusaha menjaga kualitas sambil belajar memperbaikinya. Saya tidak mau hanya karena mengejar kuantitas sampai saya harus mengorbankan kualitas. Sedapat mungkin saya berusaha menyeimbangkan kualitas dan kuantitas, meski memang berat.

Mungkin karena konsistensi itu juga maka perlahan tapi pasti blog ini mendapat tempat di mata mesin pencari terbesar Google. Indexnya makin bertambah dan skor Alexa makin rendah. Jumlah pengunjung juga signifikan mesti memang pasti masih ditertawakan oleh mereka para pakar dan pekerja SEO. Saya juga tidak melakukan langkah khusus seperti para pekerja SEO pada umumnya, paling-paling hanya langkah sederhana untuk membuat inbound link. Selebihnya tidak ada. Saya hanya fokus pada konten dan kadang-kadang blogwalking.

Bersama Anging Mammiri di 2011

Konsistensi ngeblog juga saya imbangi dengan makin intensnya berkenalan dan berinteraksi dengan sahabat blogger dari luar daerah Makassar. Setelah bergabung dengan Loenpia di awal tahun, saya kembali dapat kesempatan untuk bertemu dengan teman-teman blogger lainnya pada acara FGD Internet Sehat bulan September 2011 dan kemudian puncaknya adalah pada perhelatan Blogger Nusantara di Sidoarjo sebulan kemudian.

Komunitas blogger tempat saya bernaung juga mencatat banyak hal penting di 2011. Anging Mammiri akhirnya bisa kembali eksis setelah sempat melewati fase rehat.? Kami bisa membuat acara rutin setiap bulan dan mulai makin sering menjalin kerjasama dengan komunitas lain di kota Makassar. Memang masih banyak hal yang harusnya bisa kami lakukan untuk kota Makassar dan mudah-mudahan di tahun 2012 ini kami bisa mencicilnya sedikit demi sedikit.

Jalan-jalan bersama mereka

2011 juga mencatat banyak momen mengasyikkan bila berbicara tentang jalan-jalan. Tahun 2011 saya dan teman-teman Anging Mammiri makin sering mengikatkan diri dalam berbagai perjalanan. Tujuan kami beragam, dari pulau Barrang Lompo, pulau Kodingareng Keke, pegunungan di Bantaeng sampai terakhir mengunjungi Taka Bonerate. Semua terasa menyenangkan bersama mereka yang luar biasa itu.

Liburan bersama anak-anak Anging Mammiri

Kopdar juga semakin menggila di tahun 2011. Pernah kami bahkan kopdar setiap hari selama dua minggu penuh. Perlahan-lahan kopdar memang menjadi sebuah candu yang membuat kami tidak bisa melepaskan diri satu sama lain. Dan itulah bahan bakar paling utama untuk komunitas kami. Kebersamaan yang lahir dari interaksi offline.

Tahun 2012, kopdar dan jalan-jalan tentu masih masuk dalam agenda kami. Setidaknya masih banyak pulau-pulau di sekitar kota Makassar yang belum kami kunjungi dan bila tak ada halangan kami juga akan kembali ke Taka Bonerate atau bahkan ke Wakatobi.

Tentang Pekerjaan

Sebuah kejadian mengubah segalanya. Tiba-tiba saya dipinggirkan dan dianggap tidak dibutuhkan lagi. Setelah masa pengabdian panjang rupanya balasan ini yang saya terima. Suasana kemudian menjadi tidak nyaman lagi. Saya kehilangan kesempatan untuk mengabdi dan memberikan sesuatu untuk tempat saya bekerja.

Tak mengapalah, saya harus tahu diri. Saya hanya orang yang bekerja bila mereka memang masih membutuhkan saya. Belakangan saya memang diminta untuk kembali pada posisi yang berbeda. Tapi suasana sudah terlanjur tak nyaman dan saya memutuskan untuk tidak menerima tawaran itu.

Dan inilah saya, memulai 2012 dengan status yang berbeda. Berani keluar dari zona nyaman dengan segala konsekuensinya yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Sebuah langkah sudah saya ambil dan bagaimanapun saya harus siap menanggung semuanya meski kekecewaan tetap ada.

2011 sudah terlewatkan, entah berapa lagi bilangan waktu yang masih bisa saya jalani. Tidak pernah ada yang tahu bukan ? Saya hanya tahu kalau 2012 ini sepertinya bakal jadi tahun yang berat. Banyak tantangan yang menunggu dan banyak kejadian penting yang akan terjadi. Semoga.

Selamat tahun baru semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Baca Juga Yang Iniclose
%d bloggers like this: