Random Post

Blogger Nusantara ; Kopdar Kopdar dan Kopdar

Tawa riang di acara Kopdar 1000 Blogger

Blogger sejati selain punya blog biasanya juga punya kaos komunitas, kaos event dan goodie bag.

Punya blog biasanya secara otomatis membuat kita banyak teman baru. Salah satunya tentu dari kebiasaan blogwalking atau berkunjung ke blog orang lain. Cara lainnya adalah dengan menjerumuskan diri ke dalam sebuah komunitas blogger. Itu juga yang terjadi pada saya.

Sebelum berangkat ke Sidoarjo, ada beberapa nama yang memang ingin saya temui. Teman-teman yang selama ini sudah sering berinteraksi di milis komunitas atau teman-teman yang selama ini sudah sering mengunjungi blog saya dan saya kunjungi blognya. Ketika tahu mereka akan datang sebagai peserta atau bahkan ada yang jadi panitia, sungguh saya merasa sangat bersemangat ingin segera berjumpa dengan mereka.

Kopdar pertama sudah saya jalani ketika masih berada di bandara Sultan Hasanuddin. Bertemu dengan teman-teman dari blogger Maros yang ternyata sama-sama menumpang pesawat yang sama. Selama ini kami sudah sesekali berinteraksi utamanya ketika mereka hadir di acara bloglicious yang pernah kami adakan di bulan Mei kemarin.

Bukan blogger namanya kalau tidak foto-foto

Ketika mendarat di Surabaya, kopdar berikutnya sudah langsung terjadi lagi. Kali ini dengan seorang lelaki muda yang selama ini sudah sering jadi teman berinteraksi saya di dunia maya. Namanya Sibair, kebetulan dia juga menjadi panitia yang bertanggung jawab dengan urusan penjemputan. Kesan pertama, saya tidak menyangka orangnya ternyata lebih tinggi dan besar dari selama ini saya duga. Tadinya saya kira Bair (panggilan akrabnya ) adalah seorang lelaki muda yang mungil, rupanya selama ini saya tertipu oleh alamat emailnya : masih cupuk

Setiba di camp dengan suasana yang seperti saya tulis di tulisan pertama, kopdar kemudian berlanjut. Kali ini dengan sang tanase dari Arumbai ( komunitas blogger Ambon ) yaitu Almascatie. Ini kopdar ketiga dengan dia setelah setahun lalu pertama bertemu di acara Sumpah Pemuda dan sebulan lalu di acara FGD Internet Sehat di Jakarta.

Almas masih seperti dulu, hangat dan akrab. Kali ini dia membawa dua teman sesama anggota Arumbai yang rupanya sedang menimba ilmu di pulau Jawa. Malam itu kami habiskan dengan berbagi cerita meski cuma sebentar. Badan yang letih membuat kami tertidur dengan cepat.

Keesokan harinya ketika acara mulai berlangsung, kopdarpun terus bergulir. Teman kopdar tentu makin bertambah, karena peserta yang datang juga makin banyak. Salah satunya adalah sang kawan baik dari blogger Depok, om Bradley. Sebulan sebelumnya kami sudah bertemu di Jakarta dan bulan ini ternyata kami kembali bertemu. Bradley datang ke Sidoarjo bersama rombongan dari deBlogger, ikut juga dua anak AM di sana. Jadilah kami membuat sedikit keributan ketika kami saling bertegur sapa.

Kodpar Loenpia bersama Slam dan Elafiq

Satu lagi teman yang akhirnya saya temui. Dialah Slams , salah seorang member dari Loenpia ( komunitas blogger Semarang ) Kami juga sudah lama berinteraksi di milis dan akhirnya bisa bertemu. Kembali saya salah sangka, ternyata Slam lebih tinggi dari yang saya bayangkan. Sepertinya saya memang gampang tertipu foto . Slam ternyata juga lebih pendiam dan cool, tidak seperti kebiasaannya di milis Loenpia. Tapi, pertemuan dengan Slam tetap menyenangkan. Rasanya seperti bertemu kawan lama yang sudah lama tidak bersua.

Begitulah, sebuah ajang besar yang sejatinya memang ingin mengumpulkan para blogger dari seluruh penjuru nusantara mencapai tujuannya ketika seluruh peserta bisa saling berinteraksi, bertukar sapa dan bersalaman. Ada yang bertemu kembali, dan ada juga yang memang untuk pertamakalinya bertemu.

Apalah artinya menjadi seorang penggiat di dunia maya bila sama sekali tidak dibarengi dengan sebuah pertemuan nyata, dan acara ini kemudian menjadi sebuah ajang untuk membuat yang maya itu menjadi nyata. Bertemu langsung dengan mereka yang selama ini hanya dikenal lewat dunia maya adalah sebuah hal yang menyenangkan.

Untungnya lagi karena kopdar kali ini tidak berlangsung begitu saja. Setidaknya ada kenang-kenangan dari kopdar kali ini. Sebuah tas ransel, pin Blogger Nusantara dan tentu saja selembar kaos Blogger Nusantara. Secara bercanda saya ngetwit dan bilang kalau blogger sejati itu biasanya selain punya blog juga punya kaos komunitas, kaos event dan goodie bag.

Satu lagi yang tidak boleh dilupakan, blogger sejati seharusnya juga selalu punya hasrat untuk kopdar. Jadi ? kapan kita kopdar ?

About Author

Daeng Ipul Makassar
a father | passionate blogger | photographer wannabe | graphic designer wannabe | loves to read and write | internet junkie | passionate fans of Pearl Jam | loves to talk, watch and play football | AC Milan lovers | a learner who never stop to learn | facebook: Daeng Ipul| twitter: @dgipul | ipul.ji@gmail.com |

Comments (45)

  1. sekalian bagi2 pocer #eh 🙂

  2. gajah_pesing

    tukeran kartu nama yuk

  3. jadi, sudah berapa kali sih Om kita kopdar? Baru sekali di Sumpah Pemuda itu ya?

    Sayang sekali kemarin nggak bisa ke Surabaya. Ntar deh, kapan2 ke Makassar kita ketemu di Samalona. *PD*

  4. asem!!!!!!!!! sudah 2 postingan saja. saya satupun blum bisa..
    luarrrrr biasaa!

  5. Banyak yg tetipu memang sama Sibair, abis ngakunya cupuk ya =))

    • iPul dg.Gassing

      hahah..iyya, masih cupuknya itu betul2 menipu..

    • kalau sy pangling lihat eserzone, waktu saya sampaikan ke bro Eser bahwa saya pangling – Eser bilang, “Pangling itu apa?” *Rupanya orang Menado takmengenal kata Pangling *tepok jidat

  6. Hihihi kenapa ketipu gitu. Di facebook kan keliatan tingginya daeng heuheuheu.. Fotonya kok gak dilampirin juga :)) *ngelunjak*

  7. aku jg sering lihat mas ipul di milis semarang meskipun aku jarang aktif..
    tapi kemarin mau nyapa kayaknya lagi sama temen2nya gitu..

    😀

    • iPul dg.Gassing

      ha ? masak sih ? kenapa kemarin gak nyapa ?
      waaa.semoga lain kali bisa ketemuan ya 🙂

  8. salam.
    seru banget ya suasananya, kapan ya bisa ikut gituan.
    Bejibun blogger bertemu dalam satu tempat…mengharu biru
    salam.

  9. aku emang pendiem kok daeng…
    dan pemalu…

    oya, kemarin belum jadi futsal bareng

  10. tukeran link yuk 🙂

  11. rame banget ik, tiwas rak melu yoooo 🙂

  12. Hai..hai.. saya Lutfi dari Jogja. Nanti kita saling blogwalking yuk. Saya ada rencana ke Sulawesi. Cek tulisan saya tentang kopdar ini ya?

  13. “…. blogger sejati seharusnya juga selalu punya hasrat untuk kopdar. Jadi ? kapan kita kopdar ? ”

    berarti saya belum jadi blogger sejati hiks
    karena hasrat untuk kopdar belum semenggebu2 teman2 yang berkumpul di Sidoarjo kemarin … *mringis di pojokan meratapi nasib*

    • Kopadar di wartelnya kak Nique yukk 😀

      • jadi typo nih 😆

      • iPul dg.Gassing

        ooo..udah pernah ke warnetnya Nique ya ?
        udah pernah liat orangnya dong ?
        aku masih penasaran nih,..

        • ha???? Yoszca sudah pernah rumah internet-ku???? kapan??? sama siapa? xixixi … lebay

          daeng, wartel siapa? Saya nda punya wartel tuh, emang masih jaman ya hari gini sama wartel hahahaha

          • iPul dg.Gassing

            eh..yg bilang wartel bukan saya lho..
            noh si Yos..
            mungkin dia peninggalan jaman 90an ketika wartel masih jadi raja
            =))

  14. iPul dg.Gassing

    wahihihi..bukannya kemarin sempat bikin postingan seru pas kopdar ?
    itu kan artinya punya hasrat menggebu untuk kopdar

  15. btw siapakah perempuan yang berjilbab putih yg duduk ditengah para pria itu? dari samping kok seperti saya? hihihi *jadi bingung kemarin itu saya hadir atau engga sih? hahahaha*

    • iPul dg.Gassing

      asyikk..sekarang saya tahu kira2 mukanya Nique seperti apa..hihihi
      dan oh ya, saya tidak tahu siapa perempuan itu..:D

  16. whaa. irii… tapi, tunggu pembalasanku, nanti pada kopdar di bali bulan ini. wakakak.

  17. Blogger sejati…??? Hihihi.. jarang kopdarrr 😀 jadi gugur deh gelaran tersebut 😀

  18. itu kopdar terbesar dan terheboh yang pernah saya ikuti 🙂

  19. waahh.. saya belum blogger sejati berarti 🙁
    salam kenal mas… salam blogger 🙂

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.