Pilih Canon atau Nikon ?

Hayo, pilih Canon atau Nikon ?

Sebelumnya saya mau minta maaf dulu kepada suhu-suhu fotografi karena lancang membuat artikel seperti ini. Tanpa bermaksud sombong, karena sebenarnya saya juga masih baru belajar untuk memotret, artikel ini semata-mata saya buat berdasarkan pengalaman saya, sekaligus berbagi kepada teman-teman yang mungkin memerlukan.

Dua hari ini seorang teman, sebut saja Gerhana Pink ( nama sengaja disamarkan demi keamanan si pelaku ) sedang kebingungan untuk menentukan pilihan antara kamera Canon atau Nikon. Entah mendapat kucuran dana dari mana, tapi anak muda itu tiba-tiba berkeinginan kuat untuk membeli kamera DSLR, padahal selama ini setahu saya dia anak muda yang hidup dalam kemelaratan karena uangnya lebih banyak dihabiskan untuk membiayai sejumlah gadis yang jadi tanggungannya.

Pertanyaan yang diajukan si Gerhana adalah pertanyaan biasa yang diajukan oleh para penggemar fotografi pemula. Canon dan Nikon adalah dua produsen besar dalam dunia fotografi, istilahnya dua agama terbesar dengan pengikut terbanyak. Sebenarnya masih ada merek lain sebangsa Sony, Pentax, Panasonic, Hasselblad atau merek yang bisa bikin miskin dalam sekejap, Leica tapi entah kenapa Canon dan Nikon sudah terlanjur lekat di kepala penggemar fotografi sehingga pilihan pertama biasanya jatuh kepada dua merek dari Jepang itu.

Kebetulan saya pernah memegang keduanya, minimal menjepret seratus-dua ratus jepretan dan cukup lama menggenggam kedua merek tersebut. Dulu di awal-awal berkeinginan belajar fotografi saya juga sempat bertanya hal yang sama ke beberapa orang yang sudah lebih dulu kenal fotografi. Jawabannya beragam, ada yang secara frontal menyarankan Canon ada juga yang sebaliknya dan malah berkata : emangnya mau beli mesin fotokopi ? kalau kamera ya jelas Nikonlah.

Ketika kemudian saya mencoba menggunakan keduanya dalam waktu yang berbeda dan agak lama, saya meyakini kalau jawaban salah seorang suhu fotografi idola saya adalah benar. Lelaki yang tidak perlu saya sebutkan namanya itu bilang : Canon atau Nikon sama saja, yang penting nyaman memakainya dan yang penting siapa yang memakainya.

Nah, jawaban inilah yang kemudian saya ulang setiap kali ada yang bertanya, lebih bagus mana Canon atau Nikon ? Dan lewat tulisan ini juga saya mau coba berbagi kepada teman-teman yang mungkin bernasib sama dengan Gerhana, sama-sama bingung memilih Canon atau Nikon.

Berikut adalah pertimbangannya :

  • Pertimbangkan tentang dana. Kalau nama anda tidak berakhiran Bakrie atau bukan anak kandung OC Kaligis, maka soal dana pasti jadi perhatian utama. Harga Canon dan Nikon sebenarnya tidak berbeda jauh, apalagi kalau membandingkanya pear to pear. Beda kalau misalnya anda membandingkan Canon 450D dengan Nikon D300s misalnya. Beda jauhlah ! Sebagai perbandingan untuk para pemula, kelas yang sama antara Canon dan Nikon adalah : Canon dengan 1000D, 1100D, 500D dan 550D berbanding dengan Nikon D3000, D3100 dan D5000. Kisarannya antara 5 – 8 juta rupiah.

 

  • Fitur. Canon dan Nikon biasanya punya fitur yang hampir sama, tapi beberapa fotografer profesional setuju kalau untuk kamera pemula fitur Canon lebih banyak daripada Nikon. Kelebihan lain dari Canon adalah jumlah Megapixelnya yang lebih tinggi, tapi di sisi lain Nikon menang di kualitas gambar dengan mengurangi tingkat noise ( titik-titik kecil pada gambar ) yang kadang muncul pada ISO tinggi di cahaya yang rendah. Jadi, silakan berpusing-pusing, mau memilih yang fiturnya banyak dengan MP yang tinggi atau yang fiturnya standar dengan kualitas gambar yang maknyos.

 

  • Genggaman / grip. Ini juga penting dalam memilih kamera karena bagaimanapun kamera itu dipegang, bukan cuma dipelototin. Canon menurut saya punya grip yang sedikit di bawah Nikon, terus terang Nikon memang relatif lebih nyaman digenggam. Sementara soal bodi, kalau membandingkan Canon 1100D dengan Nikon D3100 sepertinya Canon 1100D relatif lebih gendut dan lebih berat daripada Nikon D3100 yang agak mungil. Silakan anda bersemedi menentukan pilihan, lebih suka yang bodinya kecil tapi enak digenggam atau yang bodinya agak gendut tapi kurang pas digenggaman ?

 

  • Lensa. Sebenarnya ini agak advance sih, gonta-ganti lensa baru bisa dilakukan kalau kita sudah cukup familiar dengan kamera yang kita pegang. Tapi tidak apalah sebagai bahan pertimbangan. Lensa Canon relatif lebih murah dari Nikon, pun kamera Canon biasanya kompatibel dengan semua jenis lensa EOS, beda dengan Nikon yang biasanya agak rewel dengan urusan lensa dan harganya sedikit di atas lensa-lensa punya Canon.

 

  • Lihat Sekeliling. Sebelum menentukan pilihan ada baiknya anda melihat sekeliling dulu, maksudnya bukan melihat sekeliling seperti yang dilakukan maling sebelum melakukan aksinya, tapi lihatlah teman-teman anda yang memegang kamera DSLR. Kalau kebanyakan teman anda memegang Canon misalnya, ya adalah lebih baik bagi anda untuk memilih Canon juga karena minimal anda punya tempat untuk bertanya nantinya kalau-kalau mendapat kesulitan mengoperasikan kamera yang baru anda beli. Keuntungan lainnya, kalau misalnya teman anda punya banyak lensa, lumayan kan bisa tukar-tukar lensa tanpa harus beli. Tapi kalau misalnya sekitar anda tidak ada yang megang DSLR, maka beruntunglah anda. Bisa jadi anda orang pertama di lingkungan anda yang punya DSLR.

Nah, setidaknya itu beberapa tips yang bisa saya bagi menurut pengamatan dan pengalaman saya yang masih seumur jagung ini. Para ahli mungkin bisa menambahkan, utamanya kalau anda sudah membaca postingan ini dan masih tetap bingung menentukan pilihan seperti teman saya si Gerhana itu.

Oh ya, satu tambahan lagi. Kalau benar-benar bingung, cobalah untuk bersabar sedikit. Coba luangkan waktu untuk mencoba kamera Canon dan Nikon, caranya pinjamlah kamera punya teman anda. Luangkan waktu untuk menengok semua fitur dan kelebihan-kelebihan dari tiap-tiap kamera, setelah berbulan-bulan saya yakin anda akan bisa menentukan pilihan dengan catatan dana yang disiapkan belum keburu habis.

Intinya, apapun pilihan anda selama itu diambil menggunakan pikiran yang jernih dan tanpa paksaan dari pihak manapun maka Insya Allah semua akan membawa berkah. Fotografi bukan melulu soal senjata yang digunakan, tapi siapa yang memegangnya. Betul ??

Jadi, pilih mana ? Canon atau Nikon ?

Dan, kalau mau membaca review yang lebih lengkap dan serius yang ditulis oleh yang lebih berpengalaman, silakan kunjungi laman ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 − seven =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Baca Juga Yang Iniclose
%d bloggers like this: