Belajar Bikin Bokeh

Hati-hati, jangan salah baca. Bokeh, bukan bokep.

Dalam seni fotografi ada satu istilah yang cukup terkenal, namanya bokeh. Bokeh sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti “menjadi kabur”, jadi foto bokeh adalah foto di mana fokus utamanya sangat tajam sementara background atau foregroundnya benar-benar kabur.

Belakangan ini saya seperti jatuh cinta pada seni fotografi ini, rasanya senang sekali melihat hasil foto yang memberi ruang tajam pada fokus utama dan mengaburkan background atau foregroundnya.

Beberapa hari ini saya mencoba membuat foto bokeh menggunakan lensa fix ( non zoom ) 50mm dengan bukaan maksimal 1.8. Karena namanya baru belajar, ya tentu saja ada banyak kekurangan. Kadang mencari dan menentukan fokus yang pas masih sangat susah, apalagi dalam kondisi penerangan yang minim.

Berikut ada beberapa hasil foto bokeh yang saya buat. Dari puluhan foto, beberapa foto inilah yang paling saya suka. Sehabis ini saya akan terus mencoba belajar biar bisa menghasilkan lebih banyak foto bokeh. Oh ya, semua foto hanya melalui proses editing berupa resize dan sedikit pengubahan level.

Untuk tahu bagaimana caranya membuat foto bokeh yang mantap, silakan baca di sini.

 

Semangka ku

 

Kue Bolu Gulung

 

Jagung Rebus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge